Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Menghilangkan Ketombe

Tips menghilangkan ketombe – Ketombe adalah masalah pada kulit rambut yang bisa dialami oleh siapa saja dan cukup banyak orang yang mengalaminya meskipun katanya sudah rajin keramas.

Ketombe sebenarnya adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Jika pada normalnya jumlah pengelupasan tersebut terlalu kecil untuk bisa dilihat mata, namun ada pula orang yang jumlah pengelupasan kulit matinya banyak sehingga kadang terlihat serpihan putih yang jatuh pada bahunya. Normalnya, semua orang akan mengalami siklus pergantian kulit mati sebulan sekali, namun pada orang berketombe mengalaminya 2 minggu sekali. Itulah sebabnya banyak serpuhan kecil di rambutnya karena terjadi penumpukan sel kulit mati dalam jumlah besar.

Bahayanya bila anda mengalami ketombe adalah bila menggaruknya secara berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan kulit kepala dan meningkatkan resiko infeksi.

Penyebab ketombe bisa bermacam-macam, bisa saja itu adalah gejala dari penyakit seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut, atau bisa juga karena kekurangan mineral Zinc.
Pada banyak kasus sebenarnya masalah ketombe ini bisa diatasi dengan shampoo khusus. Jika anda mencuci rambut anda dengan shampoo secara rutin maka kulit mati yang terkumpul di kepala akan terlepas sebelum menumpuk menjadi lebih banyak lagi. Selain itu, dengan pemilihan shampoo yang tepat untuk masalah ketombe akan dapat membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala anda.

Nah, yang berikut ini adalah tips menghilangkan ketombe dengan bahan alami :

Tips Menghilangkan Ketombe
Ilustrasi ketombe
1. Jeruk nipis
Caranya cukup mudah, sebelum anda tidur malam perispkan beberapa buah jeruk nipis, lalu cukup iris jeruk nipis yang sudah anda cuci bersih menjadi beberapa bagian kemudian anda bisa amenggosokkannya secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Biarkan selama beberapa saat lalu bungkuslah dengan handuk.

Keesokan harinya anda bisa memakai keramas untuk membersihkan rambut anda dari sisa-sisa jeruk nipis yang menempel di kulit kepala dan rambut.

2. Garam dapur
Caranya juga tak kalah mudahnya, cukup sediakan 2 sendok makan garam dapur dan larutkanlah ke dalam segelas air dingin. Celupkan tangan anda pada larutan garam dan usapkan pada kulit kepala anda dengan pijatan lembut sampai merata. Setelah itu biarkan beberapa saat sebelum dicuci sampai bersih dengan shampoo. Anda bisa melakukan langkah ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3. Daun pandan
Tahukah anda bahwa ternyata pada daun pandan terkandung flavonoid yang berpotensi untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaannya cukup cuci 2-3 lembar daun pandan dan tumbuklah sampai halus. Masukkanlah tumbukan tersebut ke dalam setangah gelas air dan peras untuk diambil sarinya. Usapkanlah sari tersebut pada kulit kepala anda yang berketombe dan disertai memberi sedikit pijatan. Jika sudah merata maka biarkan dulu selama sekitar 1 jam kemudian bilas dengan shampoo sampai bersih. Lakukanlah hal tersebut sebanyak 1 kali dalam seminggu.

Itulah beberapa tips menghilangkan ketombe yang bisa anda coba, semoga kulit kepala anda terbebas dari ketombe sehingga kepercayaan diri anda bisa meningkat.