Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Mengatasi Batuk Secara Tradisional

Cara mengatasi batuk secara tradisional bisa anda lakukan dengan beberapa cara yang akan saya bagikan tipsnya pada artikel ini.

Pada dasarnya batuk ini adalah iritasi pada tenggorokan yang bisa saja disebabkan oleh makanan ataupun lendir. Seringkali batuk membuat kita merasa tidak nyaman. Baik saat batuk maupun saat berada di luar karena takut mengganggu orang lain.

Meskipun, batuk sebenarnya bukan merupakan penyakit, tapi merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Akan tetapi, biasanya penyakit tertentu bisa menyebabkan timbulnya batuk, misalnya saja penyakit flu daninfeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA), asma, TB, dll. Jadi, anda tak bisa menganggap remeh apabila suatu saat anda menderita batuk. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

cara mengatasi batuk

Bagi anda yang ingin mencoba cara alami untuk mengusir batuk, berikut ini bisa anda coba :

1. Madu dan lemon
Kombinasi kedua bahan ini bisa anda pergunakan untuk mengatasi batuk. Caranya terbilang cukup mudah, yaitu campurkan satu sendok teh madu dan 1-2 sendok teh sari lemon dengan segelas air hangat. Anda bisa meminumnya sehari sekali sampai batuk anda benar-benar sembuh.

2. Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang mudah ditemui dan dipercaya bisa meredakan batuk. Saat menyajikan kunyit sebaiknya anda mencampurnya dengan madu dan segelas susu biar rasanya menjadi lebih enak. Cara menggunakan ramuan kunyit untuk menyembuhkan batuk yaitu sediakan ½ sendok teh kunyit bubuk dan tambahkan dengan madu ke dalam segelas susu.

3. Kemangi
Daun kemangi ini bisanya sering ditambahkan ke dalam lalapan ketika makan nasi bebek ataupun ayam bakar. Dan ternyata anda bisa menggunakannya untuk mengobati batuk. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 2-3 lembar daun kemangi ke dlam segelas air. Kemudian anda bisa meminum air rebusan tersebut secara rutin hingga batuk reda.

Itulah beberapa cara alami mengatasi batuk yang bisa anda coba sendiri di rumah. Jangan biarkan anda berlama-lama mengalami batuk karena selain rasanya tidak enak, juga akan membuat anda merasa tidak nyaman ketika berada di tempat umum.