Sabtu, 06 Oktober 2012

Bagaimana Cara Mengatasi Masuk Angin?

Bagaimana cara mengatasi masuk angin dengan cara alami mungkin anda butuhkan apabila suatu hari anda menderita masuk angin.

Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang lazim dialami ketika anda habis terkena udara dingin misalnya berlama-lama di ruangan ber AC, hujan-hujanan atau keluar di malam hari saat udara dingin. Atau bisa juga karena beberapa sebab lainnya. Seringkali penduduk indonesia akan mengalami masuk angin ketika pergantian musim kemarau ke penghujan atau sebaliknya. Itu karena di saat tersebut biasanya angin akan bertiup kencang.

Masuk angin sebenarnya adalah kumpulan gejala yang terjadi karena komplikasi dari kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal tersebut maka terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Yah, kalau sudah kejadian seperti itu maka itulah yang oleh masyarakat kita dikenal sebagai masuk angin.

cara mengatasi masuk angin

Gejala-gejala masuk angin :

- Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil)
- Selalu merasa kedinginan (terutama di ujung jari kaki dan tangan)
- Cegukan
- Perut kembung
- Mudah lelah
- Sering mengantuk
- Pilek
- Demam
- Diare
- Mual dan muntah
- Berkeringat dingin
- Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa
- Selera makan berkurang

Lalu, bagaimana cara mengobati atau mengatasi masuk angin? Sebenarnya masuk angin ini penyakit yang bisa sembuh sendiri kok, anda Cuma perlu meminum minuman yang hangat seperti teh manis atau wedang jahe. Meskipun ada juga orang yang suka kerokan apabila terkena masuk angin. Akan tetapi apabila anda hendak mengobati masuk angin dengan wedang jahe harus dipastikan dulu kalau anda tidak menderita penyakit maag atau keluhan lambung karena jahe hanya malah membuat iritasi pada lambung anda makin parah. Solusi lainnya cobalah oleskan minyak kayu putih atau balsem pada bagian perut anda.

Perlu juga anda catat bahwa saat anda menderita masuk angin maka jangan meminum es atau minuman dingin terlebih dahulu sampai benar-benar sembuh. Tips lainya adalah dengan makan secara teratur serta apabila keluar rumah pergunakan jaket yang tebal selalu.

Oke, itu adalah tips bagaimana cara mengatasi masuk angin yang bisa anda coba apabila anda mengalaminya.