Kamis, 18 Oktober 2012

Gejala Penyakit Lupus Yang Perlu Diketahui

Gejala penyakit lupus, mengenal gejala penyakit lupus mungkin perlu bagi anda karena bila suatu saat ada seorang teman anda yang mengalami gejala tersebut anda bisa segera memberitahunya agar segera memeriksakan diri ke dokter karena kemungkinan terjangkit penyakit lupus. Tapi, sayangnya untuk saat ini penyakit lupus itu belum ada obatnya, namun anda tak usah takut bergaul dengan para penderita penyakit ini karena tidak menular.

Penyakit lupus adalah penyakit autoimun yang bisa menyerang baik wanita ataupun pria. Namun perlu anda ketahui bahwa resiko penyakit lupus pada wanita adalah 8 kali lebih besar dibandingkan pada pria.

Penyakit lupus bisa menyerang pada rentang umur 10-50 tahun dan meskipun ada kasus di mana orang tua yang menderita lupus memiliki anak yang menderita lupus pula, akan tetapi orang yang tidak memiliki riwayat keluarga menderita lupus pun ada juga yang terserang lupus, jadi kemungkinan penyakit ini tidak selalu menurun atau diturunkan.

gejala lupus

"Faktor genetik memang berperan, namun dari semua kasus lupus hanya 5-6 persen yang diturunkan. Angka ini sangat kecil," ungkap Prof Zubairi dalam acara peluncuran novel dan film "L4 Lupus" di RS Kramat 128, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2011).

Gejala penyakit lupus ada banyak namun jika seseorang mengalami 4 gejala sekaligus maka sudah dapat dicurigai dia menderita lupus maka harus segera memeriksakan diri ke dokter karena deteksi dini amat penting untuk menghadapi penyakit ini. Karena semakin awal anda mengetahui penyakit tersebut maka akan bisa lebih mudah mengontrol perkembangan penyakitnya hingga pada akhirnya tidak akan berakhir dengan rusaknya organ-organ tubuh atau bahkan mungkin kematian.

Berikut gejala gejala penyakit lupus :

1. Sakit pada tulang/sendi
2. Demam berkepanjangan/panas tinggi bukan karena infeksi
3. Sering merasa cepat lelah
4. Ruam di kulit
5. Anemia (kurang darah)
6. Gangguan ginjal (protein banyak terbuang lewat urin)
7. Nyeri dadda apabila menghirup napas panjang
8. Bercak merah pada wajah membentuk pola kupu-kupu (butterfly rash)
9. Sensitif terhadap sinar matahari (fotosensitif)
10. Rambut rontok
11. Ujung jari pucat atau kebiruan
12. Stroke
13. Penurunan berat badan
14. Sakit kepala
15. Kejang
16. Sariawan yang hilang timbul
17. Keguguran.

Itulah informasi mengenai gejala penyakit lupus yang mungkin berguna bagi anda untuk pengetahuan apabila suatu hari mendapati teman anda mengalami gejala di atas maka harus segera memeriksakan diri ke dokter.