Sabtu, 20 Oktober 2012

Gejala Penyakit TBC Yang Perlu Anda Ketahui

Gejala penyakit TBC - Mengetahui gejala penyakit Tuberculosis (TB) sangat penting bagi anda karena bagaimanapun penyakit ini bisa menyerang segala kelompok usia baik muda, tua, kaya atau miskin tidak pandang bulu. Dan indonesia sendiri diketahhui adalah negara ketiga terbesar di dunia dengan masalah TBC. Oleh karena itu, anda perlu bersikap waspada sedari awal, diantaranya yaitu dengan mengetahui gejala-gejala dari penyakit TBC. Dengan begitu, apabila anda atau anggota keluarga mengalami gejala tersebut anda segera bisa bertindak cepat untuk memeriksakannya ke dokter.

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Micobakterium tuberculosa atau yang dikenal pula sebagai bakteri tahan asam (BTA) dengan bentuk batang.

Gejala Penyakit TBC

Penyakit TBC sendiri dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

- TBC paru-paru yang disebabkan oleh bakteri dan lingkungan
- TBC pada sisitem saraf
- TBC milier
- TBC yang tidak disebabkan oleh bakteri dan faktor histologis

Salah satu penyebab kenapa TBC harus segera ditangani adalah karena penyakit ini bisa ditularkan serta menular dengan medium udara yang telah tercemar dengan bakteri Micobakterium tuberculosa. Jadi, apabila anda mengidap penyakit ini sebaiknya memakai masker saat keluar rumah agar tidak menularkannya kepada orang lain. Dan jangan sekali-kali penderita TB untuk batuk dan bersin di tempat umum tanpa memakai masker atau menutupi mulut dan hidungnya dengan sapu tangan.

Berikut adalah gejala penyakit TBC secara umum :

1. Penderita akan mengalami demam yang tidak terlalu tinggi dan biasanya berlangsung lama.
2. Penderita sering mengalami keringat dingin pada malam hari padahal tidak melakukan aktifitas apapu diikuti dengan menggigil. Berkeringat dingin adalah salah satu tanda dari tubuh yang sedang melindungi diri dari penyakit.
3. Terserang penyakit flu yang tak menentu karena sering kambuh dan tanpa alasan yang jelas
4. Batu-batuk dalam kurun waktu lebih dari 3 minggu secara terus-menerus dan terkadang juga bisa menghasilkan dahak yang berwarna abu-abu atau kuning yang bisa juga disertai darah
5. Kelelahan
6. Panas dingin
7. Kehilangan selera makan
8. Pada urine akan berubah warnanya menjadi kemerahan atau keruh, ini adalah gejala yang muncul pada tahap selanjutnya

Itulah seputar penyakit Tuberculosis (TB) atau yang dulu seringkali disebut dengan TBC serta beberapa gejala penyakit TBC yang mungkin anda perlukan agar bisa berhati-hati jangan sampai terkena penyakit ini.