Minggu, 21 Oktober 2012

Gejala Penyakit Tipes Yang Umum Terjadi

Gejala penyakit tipes bisa ada beberapa macam, dan anda perlu untuk mengetahuinya agar bila suatu saat anda mengalami gejala tersebut segera bisa melakukan tindakan yang diperlukan diantaranya memeriksakan diri ke dokter secepat mungkin.

Gejala penyakit tipes biasanya mirip dengan gejala penyakit lainnya sehingga seringkali terlambat untuk didiagnosa.

Penyebabnya sendiri adalah bakteri Salmonella typhi. Bakteri penyebab penyakit tifus ini bisa saja masuk ke dalam saluran pencernaan anda karena terbawa oleh makanan dan minuman yang anda konsumsi sudah tercemar. Kemudian bakteri tersebut bersarang di dalam usus halus dan mulai menggerogoti dinding usus halus. Lama-kelamaan usus akan bisa luka dan bahkan jebol jjka tidak segera ditangani.

Pengobatan penyakit tifus bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik. Namun, sebaik-baiknya pengobatan yang ada di jaman sekarang, tetap saja langkah pencegahan adalah yang terbaik. Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah datangnya penyakit ini anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan bersih. Yaitu selalu mencuci tangan dengan sabun setiap kali habis pergi ke kamar kecil. Pencegahan lainnya adalah dengan tidak jajan sembarangan apalagi di tempat terbuka yang jajanannya tidak tertutup secara baik. Dan kebiasaan mencuci tangan sebelum makan harus anda biasakan sejak dini terhadap anak-anak anda.

gejala sakit tipes

Berikut adalah beberapa gejala penyakit tifus / penyakit tipes :

1. Mengalami demam lebih dari seminggu secara berturut-turut
2. Demam yang merupakan gejala dari penyakit tipes ini biasanya terjadi pada malam hari atau menjelang malam dan biasanya pada siang harinya penderita terlihat segar dan masih mampu menjalankan aktifitas seperti biasa
3. Pada fase awal biasanya timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit
4. Lidah kotor, saat anda menderita penyakit tipes biasanya lidah akan berwarna putih dan terasa pahit seperti halnya pada beberapa penyakit yang lainnya, dan itu membuat penderita ingin memakan makanan yang pedas dan masam
5. Diare, karena bakteri penyebab penyakit tipes ini bersarang di dalam saluran cerna, maka hal tersebut akan menyebabkan terganggunya proses penyerapan cairan. Dan akibatnya, penderita akan mengalami diare meskipun tanpa sebab yang pasti meskipun pada beberapa kasus justru malah menyebabkan konstipasi.
6. Batuk dan sakit tenggorokan
Untuk mengetahu secara pasti apakah anda atau anak anda menderita penyakit tipes atau tidak bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium. Selanjutnya dokter akan memeriksa apakah pasien menderita penyakit tipes atau tidak dari hasil tes lab tersebut.

Itulah beberapa gejala penyakit tipes yang perlu untuk anda ketahui, semoga bermanfaat.