Senin, 22 Oktober 2012

Macam Penyakit Kulit Pada Bayi Yang Harus Diketahui Para Orang Tua

Macam penyakit kulit pada bayi perlu untuk diketahui oleh para orang tua karena dengan begitu anda akan bisa melakukan tindakan yang tepat demi mengamankan buah hati anda.

Struktur kulit bayi yang belum sempurna amat rentan terjangkit beberapa macam penyakit pada kulit.

Ada banyak macam penyakit kulit yang bisa menyerang bayi anda, dan ini harus menjadi perhatian khusus para orang tua. Anda harus membekali diri dengan pengetahuan ini agar buah hati merasa aman dan nyaman.

Berikut adalah beberapa macam penyakit kulit pada bayi :

1. Biang keringat atau yang sering pula disebut dengan keringet buntet atau juga dikenal dengan miliaria
Penyakit ini bisa terjadi pada bagian tubuh seperti leher, wajah, punggung, atau bagian yang lain. Biasanya muncul berupa bintik- bintik merah yang berair dan mengkilap, ada yang bisa menyebabkan bayi merasa gatal ada pula yang tidak.
Penyebabnya antara lain udara panas, pakaian yang terlalu ketat, pakaian yang terlalu tebal, cuaca lembab, atau bisa juga karena aktifitas bayi tersebut yang terbilang tinggi atau bayinya terlalu lincah. Penanganan apabila bayi anda terkena biang keringat adalah sebaiknya anda memberi bayi anda pakaian yang gampang menyerap keringat misalnya dari bahan katun. Juga sebaiknya pakaikan pakaian yang sedkit longgar agar terdapat rongga udara. Jangan lupa memandikan bayi anda secara etratur sebanyak 1-2 kali perharinya.

Apabila bayi anda menderita biang keringat segera pula memberi bedak bayi untuk biang keringat.

Macam Penyakit Kulit Pada Bayi2. Cacar air
Penderita penyakit ini biasanya akan mengalami demam dan sakit selama 2-3 hari sebelum akhirnya timbul bintik-bintik berair dan kemerahan dengan adanya kerak coklat yang hampir muncul di seluruh tubuh.

Apabila buah hati anda menderita gejala ini sebaiknya segera memberikan salep antivirus dan juga memberikan bedak guna mengurangi rasa gatal. Jangan biarkan anak anda berkeringat terlalu banyak, tempatkan pada ruangan yang ventilasinya bagus. Dan jagalah kebersihan ruangan dan pakaian bayi anda dengan baik.

3. Intertrigo
Ini merupakan peradangan yang terjadi pada lipatan tubuh. Lipatan tersebut akan membuat kulit tampak merah dan menyebabkan gatal, timbul cairan dan agak sakit. Penyebabnya bisa saja karena lecet, kulit yang lembab, terutama pada mereka yang kelebihan berat badan atau diabetes.

Anda bisa mengobati penyakit ini dengan obat topikal ataupun obat yang diminumkan. Salah satu obat topikal yang bisa digunakan adalah krim hidrokortison.

4. Seborrhea
Ini adalah suatu peradangan yang terjadi pada kulit bagian atas, yang bisa menimbulkan munculnya sisik pada kulit kepala, wajah atau juga terkadang pada bagian tubuh yang lain misalnya belakang telinga, leher, pipi, atau bagian lain. Jika buah hati anda berusia di bawah 6 bulan maka kelompok usia ini adalah yang paling rentan akan penyakit ini. Penyebab penyakit ini masih belum diketahui akan tetapi apabila sudah terjangkit maka anda bisa menggosok kulit kepala buah hati anda denga minyak zaitun atau baby oil.

5. Eksim
Penyakit ini bisa muncul pada kelompok bayi berusia 3 hingga 4 bulan, berupa peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuhatau gelembung kecil pada kulit hingga kemudian pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim sebenarnya adalah reaksi alergi terhadap jamur yang berdiam serta menetap di kulit.

Penyebabnya bisa berbeda-beda antara bayi yang satu dengan bayi yang lain. Dan memang sulit dipastikan. Namun ada dugaan bahwa penyebabnya adalah karena alergi terhadap sesuatu pemicu. Pemicunya sendiri bisa bermacam-macam.

Yang bisa para ibu lakukan apabila bayinya menderita eksim adalah sebagai berikut : menjaga kulit bayi anda agar jangan terlalu kering yaitu setelah dimandikan dan dikeringkan dengan handuk segera olesi bayi anda dengan pelembab, pakaikan baju yang mudah menyerap keringat dan gak terlampau tebal, gunakan deterjen yang aman bagi bayi untuk mencuci popopk atau pakaian bayi yang lainnya, pakaikan bayi dengan kaus tangan bayi agar dia tidak menggaruk-garuk bagian tubuhnya dengan tangannya, dll. Untuk kasus eksim pada bayi yang cukup parah maka anda harus segera berkonsultasi ke dokter spesialis anak.

6. Dermatitis kontak
Dermatitis kontak ini adalah inflamasi pada kulit yang terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi. Penderita penyakit ini bisa mengalami ruam yang besar, gatal serta rasa terbakar.

Penyebabnya bisa saja karena sabun atau deterjen yang anda pakaiuntuk memandikan bayi dan mencuci pakaiannya jika gejalanya muncul di seluruh tubuh. Tapi, jika gejalanya hanya muncul pada bagian lengan dan sekitarnya maka bisa jadi itu karena bajunya yang kotor. Untuk mengatasi penyakit kulit ini dapat anda lakukan dengan pemberian salep hidrokortison. Akan tetapi sebaiknya anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan salep tersebut pada bayi anda.

Nah, itulah beberapa macam penyakit kulit pada bayi yang bisa saja muncul suatu waktu pada bayi anda. Anda perlu mengetahui berbagai penyakit ini agar bisa melakukan tindakan pencegahan karena bagaimanapun pencegahan lebih baik dibandingkan harus mengobati.