Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Anda Perlu Tahu

Manfaat buah apel bagi kesehatan itu sangat luar biasa loh, bahkan ada sebuah pemeo bahwa memakan satu buah apel setiap hari akan menjauhkan anda dari dokter. Dan ternyata itu memang ada benarnya loh, dengan memakan buah apel setiap hari maka anda akan mampu mencegah bebrapa macam penyakit termasuk kanker.

Meskipun buah apel jika dibandingkan dengan sayuran atau buah lainnya yang mengandung vitamin C, bisa dibilang buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tidak seberapa akan tetapi kaya akan antioksidan yang lainnya.

Buah apel ini juga bermanfaat bagi anda yang memiliki berat badan berlebih tapi ingin menguranginya. Perlu anda ketahui bahwa buah apel ini megandung serat yang tinggi yang membantu melancarkan pencernaan sedangkan kadar lemaknya rendah.

Dengan memakan apel, senyawa yang ada dalam buah apel akan akan mampu mendorong lambung untuk cepat merasa kenyang. Dan pada akhirnya anda akan mengurangi asupan kalori anda karena salah satu penyebab berat badan berlebih adalah karena dorongan lapar yang amat tinggi yang menyebabkan anda ingin makan terus dan akhirnya asupan kalori pun terus bertambah. Bagi anda yang serius ingin diet alangkah baiknya bila anda mengonsumsi 3 buah apel setiap hari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan :

Manfaat Buah Apel
1. Membantu mengatasi sembelit
Buah apel yang memiliki serat tinggi amat baik bagi anda yang memiliki gangguan pada sistem pencernaan. Untuk memperoleh manfaat dari buah apel dalam rangka mengobati sembelit anda bisa mengolah buah ini menjadi jus apel.

2. Membantu menstabilkan gula darah
Sangat dianjnurkan untuk mengonsumsi buah apel beserta kulitnya, tentu saja setelah dicuci sampai bersih karena pada bagian kulitnya, apel mengandung glicemix index yang rendah sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah.

3. Mencegah serangan jantung dan stroke
Apel memiliki kemampuan untuk menurunkan tingkat LDL anda hingga 23%. Oleh karena itu bisa bermanfaat sekali untuk pencegahan penyakit jantung ataupun stroke yang mana diketahui bahwa serangan jantung, stroke, serta penyakit yang menyerang arteri berkaitan dengan kolesterol jahat atau yang dikenal pula dengan sebutan LDL.

4. Mencegah kanker
Berdasarkan sebuah hasil penelitian berhasil diungkap bahwa mengonsumsi apel secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 40-50 persen. Itu tak lain karena peran kandungan zat antiksidan yang terkandung dalam buah apel. Pada hasil penelitian yang lainnya di Harvard Medical School mengungkap bahwa makan apel secara teratur dapat menurunkan risiko kanker paru-paru pada wanita hingga 21 persen.

Itulah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan yang mungkin perlu untuk anda ketahui. Nah, tidak ada salahnya jika mulai hari ini anda mengonsumsi buah apel satu biji perhari karena manfaatnya yang sangat luar biasa.