Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat buah manggis bagi kesehatan perlu untuk anda ketahui agar anda bisa mengambil manfaatnya selain merasakan kenikmatan rasanya. Buah manggis memang salah satu buah yang digemari masyarakat kita. Dan tahukah anda bahwa buah ini terkenal sebagai buah yang memiliki antioksidan tertinggi di dunia.

Buah manggis memiliki manfaat bagi kesehatan tidak hanya pada buahnya saja akan tetapi juga [ada kulitnya. Namun, tentu saja anda tak harus memakan kulit manggis secara langsung untuk memperoleh manfaatnya karena rasanya yang sangat pahit dan bukan tidak mungkin malah menyebabkan keracunan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan :

Manfaat Buah Manggis
1. Mencegah kanker
Kandungan antioksidan dalam buah manggis amatlah tinggi sehingga buah ini dapat dipergunakan untuk tujuan pencegahan timbulnya kanker yang cukup poten. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan buah manggis adalah kanker paru, leukimia dan kanker hati.

2. Membantu memelihara sistem pencernaan
Kandungan dalam buah manggis yang berperan dalam memelihara saluran pencernaan adalah xanthone. Dengan bertambahnya usia manusia maka kandungan zat asam yang ada di dalam perut akan makin berkurang sehingga pada akhirnya berakibat banyak bakteri yang tumbuh dan menyebabkan diare. Nah, apabila anda mengonsumsi buah manggis maka dapat membantu menyeimbangkan mikroba yang ada pada saluran cerna.

3. Mencegah penyakit jantung
Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena berkurangnya elastisitas pembuluh darah di sekitar jantung. Dan karena buah manggis ini mengandung kandungan antioksidan yang membantu mengembalikan elastisitas dari pembuluh maka resiko anda terkena penyakit jantung menjadi lebih rendah.

4. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kolesterol jahat atau LDL akan menempel pada dinding pembuluh dan akan mengakibatkan penyempitan. Dengan adanya xanthone pada buah manggis ini akan akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah manggis maka kadar kolesterol jahat dapat ditekan seminimal mungkin.

Itu adalah beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan anda, maka alangkah bagusnya apabila minimal sebulan sekali anda mencoba menikmati rasa manisnya buah manggis demi meraih manfaatnya.