Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan, salah satunya adalah meredakan demam oleh karena itu apabila anda mengalami demam apa salahnya mencoba mencicipi buah rambutan untuk membantu proses penyembuhan.

Buah berwarna merah yang memiliki rambut kasar pada kulitnya ini memang selain harganya murah tapi juga rasanya manis dan segar sehingga lazim dikonsumsi masyarakat ekonomi bawah sekalipun.
Berbicara mengenai manfaat buah rambutan bagi kesehatan, memang pada dasarnya hampir semua buah-buahan yg layak konsumsi itu memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh karena kandungan gizi yang ada di dalamnya, tak terkecuali buah rambutan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan :

manfaat buah rambutan
1. Meredakan demam
Di dalam buah rambutan terkandung senyawa saponin yang terdapat pada daging buah rambutan. Itu akan membantu meredakan demam, jadi anda bisa mengonsumsi rambutan di kala demam untuk membantu mempercepat penyembuhan. Terutama apabila anda belum sempat pergi ke dokter karena kesibukan.

2. Disentri
Anda bisa memanfaatkan kulit rambutan untuk pengobatan tradisional disentri. Caranya yaitu dengan mencuci kulit buah rambutan sampai bersih kemudian dipotong-potong. Rebuslah irisan tersebut dengan air hingga mendidih dan minum rebusan tersebut sebanyak minimal 2 kali sehari.

3. Sariawan
Tak hanya pada kulit dan buah akan tetapi kulit kayu pohon rambutan juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati sariawan. Caranya cukup gampang, yaitu dengan cara merebus potongan kayu tersebut dengan air dan kemudian untuk berkumur-kumur dalam keadaan sedikit hangat. Lakukan hal tersebut secara teratur dalam 2 kali sehari.

4. Diabetes melitus
Selanjutnya, bagian lain dari buah rambutan yang bermanfaat adalah pada bagian biji yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati diabetes melitus. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara menyangrai beberapa biji buah rambutan lalu dihaluskan sampai menjadi serbuk dan kemudian diseduh dengan menggunakan air panas.

Itu adalah beberapa manfaat buah rambutan bagi kesehatan dan mungkin masih ada beberapa manfaat lainnya, karena rambutan ini juga penuh nutrisi misalnya saja vitamin C, zat besi, vitamin B3, fosfor, dsb.