Rabu, 24 Oktober 2012

Manfaat Serta Cara Membuat Masker Timun

Manfaat mentimun dan cara membuat masker timun - Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat masker kecantikan adalah mentimun, yang mana biasanya sering dimakan langsung sebagai buah atau dijadikan sayuran pelengkap masakan bersambal.

Meskipun sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya relatif murah akan tetapi anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari buah atau sayur timun.

Berikut adalah beberapa manfaat dari timun yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup anda :

1. Mencegah sariawan
Kandungan vitamin C dalam buah timun terbilang cukup tinggi sehingga dapat melawan bakteri penyebab sariawan. Tak hanya itu, vitamin C juga adalah merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang merugikan tubuh.

2. Membantu melangsingkan badan
Timun adalah buah yang sangat rendah kalori akan tetapi kaya akan serat sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, dalam timun mengandung asam malonat yang mampu mengubah gula darah menjadi lemak. Perlu anda tahu bahwa dalam 100 gram timun hanya mengandung 12 kalori.

3. Membersihkan ginjal
Kandungan air dalam buah mentimun cukup tinggi, yang mana akan bisa membantu membersihkan ginjal dari residu.
Selain memiliki manfaat bagi kesehatan seperti yang sudah saya sebutkan di atas, ternyata timun juga bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kecantikan kulit anda.

Berikut adalah langkah-langkah membuat masker timun untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kantung mata :

cara membuat masker timun
Ilustrasi buah timun
By Photo taken by Muu-karhu (Own work)
[GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html),
CC-BY-SA-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/)
or CC-BY-SA-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)],
via Wikimedia Commons

1. Pertama kali cucilah timun yang telah dikupas kemudian potong menjadi bagian kecil

2. Hancurkan timun tersebut dengan blender sambil ditambahkan satu sendok teh sari lemon dan sebuah telur pada bagian putihnya saja

3. Aduklah sampai merata dan selanjutnya bisa anda oleskan pada wajah anda dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas sampai bersih dengan air

Baca juga :
Manfaat Serta Cara Membuat Masker Bengkoang
Manfaat Serta Cara Membuat Masker Tomat

Wah, ternyata cukup bermanfaat juga yah timun yang bisa digolongkan ke dalam buah-buahan atau sayur-sayuran ini. Demikianlah artikel tentang manfaat timun dan bagaimana cara membuat masker timun untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kantung mata.