Selasa, 23 Oktober 2012

Manfaat Serta Cara Membuat Masker Bengkoang

Buah bengkoang cukup populer bagi masyarakat Indonesia dan banyak diantara produk kecantikan yang menggunakan bahan baku bengkoang. Rasa segar buah bengkoang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat wajah anda menjadi segar. Memanfaatkan buah bengkoang untuk dijadikan masker alami adalah hal yang sudah banyak dilakukan oleh para wanita.

Tahukah anda bahwa kandungan nutrisi dalam buah bengkoang amatlah banyak, mulai dari vitamin B1, vitamin C, kandungan mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, hingga retinon. Kadar air dalam buah bengkoang amat tinggi mencapai hingga 90% sehingga amat nikmat sekali jika anda menikmatinya setelah dimasukkan de adalam lemari es, sangat segar.

Berikut ini adalah manfaat buah bengkoang bagi kecantikan wanita :

cara membuat masker bengkoang
Ilustrasi buah bengkoang
1. Memudarkan flek hitam bekas dari jerawat pada kulit wajah anda
Sekarang ini banyak beredar produk kecantikan yang mengandung sari bengkoang.yang berkhasiat memudarkan flek hitam pada kulit.

2. Membantu mencerahkan kulit
Bengkoang pun dapat anda manfaatkan untuk tujuan memutihkan kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah timbulnya penuaan dini.

3. Menyegarkan kulit anda
Manfaat lainnya adalah bisa mneyegarkan kulit dengan cara menjadikanya sebagai bedak dingin. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memarut 2 buah bengkoang atau bisa juga dengan diblender. Setelah itu hasil parutannya disaring dan dibiarkan dulu selama 3-4 jam. Pada akhirnya nnati akan terjadi endapan tepung sari bengkuang dan ambil patinya. Campurlah pati tersebut dengan 100 gram tepung beras basah. Cara membuat tepung beras basah yaitu, dengan cara merendam beras selama 1-2 minggu lalu dihaluskan. Campuran antara tepung beras basah dan saripati bengkuang tadi tambahkan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Bentuklah menjadi bulatan bulatan seperti kelereng. Pipihkan dan kemudian keringkan selama 2 jam. Sebelum memakai bedak dingin larutkan dulu dengan air lalu dipakai sebagai bedak.

Bengkoang juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk membantu mencerahkan kulit anda serta mencegah penuaan dini. Cara membuat masker bengkoag adalah sebagai berikut :

1. Siapkan bengkuang dan kupas hingga bersih
2. Lalu parutlah bengkoang tersebut
3. Pergunakan parutan tersebut untuk masker pada wajah
4. Biarkan selama 15-20 menit hingga masker tersebut kering dan selanjutnya bisa dibilas sampai bersih

Baca juga :
Manfaat Serta Cara Membuat Masker Timun
Manfaat Serta Cara Membuat Masker Tomat

Itulah info mengenai beberapa manfaat bengkoang serta bagaimana cara membuat wajah anda lebih cerah dan tak mudah menua dengan cara membuat masker bengkoang.