Jumat, 12 Oktober 2012

Penyebab Jerawat Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab jerawat bisa ada beberapa macam, dan apabila anda mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab jerawat maka diharapkan akan bisa melakukan upaya untuk mencegahnya apabila anda memang rentan menderita jerawat.

Sebelum membahas mengenai penyebab jerawat, anda perlu tahu bahwa biasanya jerawat menyerang pada usia memasuki puber karena adanya peningkatan kadar hormon dalam tubuh. Jadi, anda perlu waspada jika usia anda memasuki masa-masa rentan terkena jerawat.


Untuk lebih jelasnya mengenai beberapa hal penyebab jerawat, silahkan anda simak beberapa uraian di bawah ini.

Adanya sumbatan
Adanya sumbatan pada lapisan kulit mati dan pori-pori yang terinfeksi merupakan penyebab jerawat yang pertama. Tumbuhnya jerawat juga dipicu karena adanya bakteri sehingga dengan adanya infeksi semakin meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Kelenjar minyak
Jerawat biasanya muncul pada kulit yang berminyak. Produksi minyak yang berlebih dapat menjadi faktor penyebab jerawat, oleh karena itu untuk anda yang memiliki wajah berminyak, bersihkan secara rutin dan usahakan dengan pembersih yang bebas dari alkohol.

Faktor hormon
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa faktor hormon dapat menjadi penyebab jerawat dan biasanya memang ketika memasuki masa pubertas.
Adanya iritasi kulit

Gaya hidup stress
Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika yumbuh jerawat selalu dikaitkan dengan stress. Hal ini ternyata ada benarnya juga karena ketika anda stress maka akan mengganggu sistem hormon anda dan akibatnya akan muncul jerawat.

Makanan
Makanan yang anda konsumsi ternyata juga perlu anda perhatikan karena bisa saja hal ini dapat menjadi penyebab jerawat. Kurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak yang akan mendorong produksi minyak dalam tubuh dan akibatnya akan timbul jerawat.

Faktor genetika keturunan orang tua
Untuk penyebab jerawat yang terakhir ini memang belum terbukti kebenarannya dan hanya kepercayaan dari masyarakat.

Itulah beberapa penyebab jerawat yang perlu untuk anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk melakukan upaya terbaik dalam mencegah timbulnya jerawat.