Minggu, 18 November 2012

Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit

Gaya Hidup Sehat Agar Terhindar Dari Penyakit - Penyakit adalah salah satu masalah yang bisa membuat hidup kita jadi tak teratur, dan datangnya bisa tidak disangka-sangka karena penyebabnya pun bermacam-macam. Ada sebuah pemeo yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Hal itu memang benar adanya, karena saat kita sakit selain menggangu aktifitas fisik juga menghabiskan biaya untuk berobat. Oleh karena itulah sebaiknya kita melakukan upaya pencegahan agar jangan sampai terkena penyakit.

Diantaranya penyebab munculnya penyakit pada tubuh manusia adalah karena serangan virus dan bakteri. Faktor lainnya bisa karena gaya hidup yang kurang sehat misalnya saja tidak pernah berolahraga karena sibuk dengan aktifitas kantor dan senang memakan makanan yang serba instan.

Jadi, langkah pertama dan terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit pada tubuh kita adalah dengan merubah pola hidup menjadi pola hidup sehat dan suka mengonsumsi makanan alami.

Gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, istirahat di malam hari yang berkualitas, memakan makanan alami, dan menjaga kebersihan memang dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit. Akan tetapi hal tersebut tak menutup kemungkinan suatu hari anda tetap terserang penyakit misalnya karena gangguan virus dan bakteri yang bisa saja menginfeksi anda saat berada di tempat umum.

gaya hidup sehat

Penyebab penyakit lainnya yang sulit dihindari adalah karena faktor genetik dan pencemaran lingkungan.

Namun, meskipun begitu tetap kita harus senantiasa melakukan upaya terbaik dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit, misalnya saja dengan :

1. Mencukupi kebutuhan air putih
Air putih memiliki manfaat yang banyak sekali, dan anda perlu mengonsumsi beberapa gelas air putih dalam sehari agar jangan sampai dehidrasi . Air putih yang ditambahi air perasan jeruk lemon dapat anda manfaatkan untuk mengelurkan toksin dalam tubuh.

2. Menghirup udara segar
Dengan rutin menghirup udara segar berarti anda telah menjaga kesehatan paru-paru anda. Biasnya anda akan bisa mendapatkan udara yang segar pada pagi hari di mana belum banyak tercemar oleh polusi yang ditimbulkan asap kendaraan ataupun asap rokok. Pastikan anda juga rajin menjaga kebersihan perabot rumah seperti kipas angin dan AC.

3. Olahraga
Kita semua pasti setuju bahwa olahraga dapat mencegah timbulnya penyakit karena akan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Mendapatkan tidur yang cukup
Tidur yang berkualitas akan mampu mengurangi stress dan peradangan, serta mengurangi resiko kondisi depresi dan jantung. Idurlah selama 6-8 jam pada malam hari dalam keadaan nyenyak.

5. Mengurangi stress
Karena stress adalah salah satu faktor resiko terbesar yang dapat memunculkan penyakit. Ada banyak cara mengurangi stress misalnya dengan mandi air dingin, berolahraga, mendengarkan musik, tidur, dsb.

6. Memakan makanan yang tepat
Hindari maknan berlemak dan terlalu banyak karbohidrat, makanlah protein yang bagus, dan kurangi makanan gorengan lebih baik memakan makanan yang dikukus saja, serta kurangi makanan yang manis-manis.

7. Berhenti merokok
Jika anda seorang perokok yang ingin memulai gaya hidup sehat mencegah penyakit maka sebaiknya anda berusaha meninggalkan kebiasaan yang kurang sehat ini. Karena tak ada lagi keraguan tentang adanya hubungan antara kanker dan merokok.

Itulah beberapa tips gaya hisup sehat agar terhindar dari penyakit yang mungkin bisa anda coba terapkan mulai dari hari ini.