Minggu, 04 November 2012

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Kita

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan bisa dibilang cukup banyak, oleh karena itulah banyak orang yang suka meminum susu kedelai di samping rasanya yang gurih. Bagaimanapun rasanya mungkin tak seenak susu sapi akan tetapi ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang vegetarian ataupun bagi anda yang tidak suka dengan aroma susu sapi.

Di dalam susu kedelai yang anda minum, terdapat kandungan asam lemak esensial, serat, dan protein yang amat tinggi hingga tidak heran apabila anda suka meminumnya akan mendapatkan manfaat kesehatan. Komposisi susu kedelai diantaranya 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.
Keuntungan lainnya dari susu kedelai adalah sebagai sumber vitamin yang tinggi.

Berikut adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang mungkin perlu anda ketahui :

manfaat susu kedelai
Ilustrasi susu kedelai
1. Sebagai salah satu sumber antioksidan
Di dalam kedelai terkandung senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel akibat dari polusi, sinar matahari ataupun akibat dari proses tubuh yang normal.

2. Menurunkan kolesterol tinggi
Adanya asam lemak tak jenuh di dalam kedelai mampu menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah.

3. Mencegah osteoporosis
Kandungan isoflavon dalam kacang kedelai mampu membantu memperlambat kehilangan tulang serta menghambat kerusakan tulang yang pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis.

4. Mencegah penyakit jantung / mengurangi resiko penyakit jantung
Asam lemak tak jenuh yang ada dalam kacang kedelai selain mampu mengendalikan kolesterol juga mampu menjaga kesehatan jantung.

5. Mencegah kanker

6. Mengatasi gejala menopause

Itu adalah beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang bisa anda manfaatkan untuk meraih kondisi tubuh yang lebih sehat.