Sabtu, 03 Mei 2014

Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat minum susu segar bagi kesehatan adalah sangat sangat bagus, karena minuman ini mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh misalnya saja protein, laktosa, kalsium, magnesium, vitamin B dan vitamin D. selama ini anda pasti pernah mendapat anjuran untuk mengonsumsi susu untuk memperkuat tulang dan gigi.

Memang benar, manfaat minum susu telah terbukt berdasarkan hasil dari berbagai penelitian. Itulah sebabnya ketika kita masih duduk di sekolah dasar sering diajari tentang 4 sehat 5 sempurna. Minum susu akan menyempurnakan menu makanan sehat yang kita konsumsi karena banyaknya kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa hewan yang menghasilkan produk minuman susu yang lumrah dikonsumsi :

- Sapi
- Domba
- Kuda
- Keledai
- Unta
- Yak

manfaat minum susu
Image courtesy of pat138241 / FreeDigitalPhotos.net

Manfaat minuman susu bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Baik untuk kesehatan tulang
Manfaat minuman susu memang sudah bukan hal yang tabu karena hampir setiap elemen masyarakat sudah mengetahuinya. Salah satu kandungan gizinya adalah mineral kalsium yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan tulang. Sangat baik bagi pertumbuhan tulang untuk bayi dan juga bisa mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

2. Mengurangi resiko hipertensi dan juga penyakit jantung
Kandungan potassium dalam minuman susu segar mampu menggerakkan dinding pembuluh darah agar tetap stabil sehingga bisa menghindarkan dari penyakit jantung dan darah tinggi.

3. Sebagai nutrisi alami yang seimbang
Minuman susu ini kaya juga akan kandungan protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan lemak sehingga cukup komplit. Cukup dengan minum susu saja kita sudah mendapatkan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan banyak mineral penting. Dianjurkan agar anda mengonsumsi minuman susu sebanyak 1 gelas perhari agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Dan tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

4. Menghaluskan kulit
Bagi anda para wanita yang mau mendapatkan kulit yang halus secara alami, maka anda harus rutin meminum susu segar setiap hari. Selain menghaluskan kulit juga membuatnya lebih bersinar secara alami.

5. Melancarkan pencernaan

6. Bisa diminum untuk tujuan menambah berat badan
Bagi anda yang bertubuh kurus, maka minum susu segar setiap hari bisa menambah berat badan anda secara alami dan tak hanya itu saja tapi juga bisa diminum untuk tujuan pembentukan otot.

Itu adalah beberapa manfaat susu segar bagi kesehatan tubuh anda sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup. Maka mulai sekarang tak ada alasan bagi anda yang biasanya suka mengonsumsi susu sapi atau dari hewan lainnya untuk berhenti dari kebiasaan anda tersebut karena memang menyehatkan selama dikonsumsi dalam batas wajar.