Minggu, 11 November 2012

Penyebab Rambut Rontok Dan Apa Solusinya

Penyebab rambut rontok dan apa solusi mengatasi rambut rontok – Rambut adalah kebanggaan para wanita, berbagai cara dilakukan oleh para kaum wanita agar rmbutnya menjadi indah. Misalnya dengan creambath, catok, rebonding, dll.

Namun, beberapa dari kaum wanita akan merasa risih dan jengkel karena mengalami masalah pada rambut, misalnya saja rambut rontok.

Baik pria ataupun wanita apabila mengalami yang namanya rambut rontok maka akan berdampak secara fisik ataupun psikis.

Jika dilihat secara fisik tentu saja rambut menjadi kurang elok, terlihat tipis dan mengganggu penampilan. Sedangkan dampak psikisnya antara lain bakal mengurangi rasa percaya diri dan cenderung merasa tak nyaman apabila berada di tempat umum.

Penyebab rambut rontok bisa berbeda-beda pada masing-masing orang bisa saja karena faktor keturunan ataupun karena kelebihan hormon.

Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok serta solusinya :

penyebab rambut rontok
Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net
1. Faktor keturunan
Ini merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut yang paling umum.dan umumnya terjadi di awal usia 20 tahun yang terjadi secara perlahan-lahan, mengalami rambut rontok di sekitar poni. Namun, pada bberapa kasus kerontokan rambut dapat menyebar hingga seluruh bagian kepala. Cara mengatasi kerontokan rambut karena faktor keturunan ini terbilang sulit dan juga tidak mudah untuk dicegah. Namun, dengan melakukan iktiar setidaknya diharapkan kerontokan rambut tidak akan terlalu parah, atau tidak datang terllau cepat. Cara yang terbaik untuk menghadapinya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, menghindari stress, menghindari kelelahan dan mungkin dengan berkonsultasi ke pakar kecantikan.

2. Kelebihan hormon thyroid
Hormon ini memiliki peranan untuk bertanggung jawab menjaga metabolisme dasar tubuh untuk pertumbuhan rambut, kulit dan kuku. Kelebihan hormon ini bisa menyebabkan banyak masalah, diantaranya bisa mengakibatkan kerontokan rambut karena metabolisme yang terlalu cepat. Untuk mengatasi masalah ini anda harus berkonsultasi ke dokter.

3. Kurangnya asupan nutrisi
Dengan asupan nutrisi yang tepat anda akan bisa mencegah atauupun mengurangi masalah kerontokan rambut. Kekurangan vitamin A bisa membuat rambut anda kering dan lebih gampang rontok. Asupan vitamin C bisa memperkuat rambut anda. Sedangkan asupan vitamin E akan membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak. Tak cukup itu, anda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Karena kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan masalah kerontokan rambut akibat darah yang tidak memiliki jumlah sel darah merah yang cukup untuk mengalirkan oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Nutrisi yang penting bagi rambut and diantaranya adalah vitamin A, B, C, E, protein dan mineral.

4. Stress
Stress ini adalah salah satu penyebab utama mengapa rambut anda menjadi rontok. Makanya anda harus bersifat rileks dan jika stress datang, cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menghilangkannya. Misalnya dengan berendam di air sambil memijit rambut anda secara lembut dengan menggunakan jojoba oil, almond oil atau coconut oil.

5. Faktor pemakaian obat
Faktor lainnya yang bisa menyebabkan rambut anda menjadi rontok adalah karena pemakaian obat untuk tujuan perawatan medis. Hal tersebut mungkin saja akibat efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obet tersebut. Beberapa obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut adalah obat anti-epilepsi, Antidepresan, Obat psoriasis, pil kb, obat tekanan darah, pil obat jerawat, ibuprofen, pengencer darah, dll. Untuk itu sebagai solusinya, anda dapat konsultasi ke dokter untuk mencari obat alternatif lain atau mengatur dosisnya.

6. Perawatan rambut yang secara berlebihan
Hindari terlalu sering mengeriting, mencatok, atau mengeringkan rambut anda menggunakan hair dryer karena bisa membuat batang rambut anda menjadi rapuh/ keropos dan gampang patah.
Itulah beberapa penyebab rambut rontok serta solusi mencegah atau mengatasi rambut rontok yang bisa anda usahakan agar kepercayaan diri anda senantiasa terjaga.