Selasa, 04 Desember 2012

Pengertian Browser, Fungsi, dan Beberapa Jenisnya

Pengertian browser jika diartikan secara sederhana adalah sebuah perangkat lunak yang berguna untuk menampilkan berbagai dokumen dan yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server.

Atau bisa juga diartikan bahwa browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.


Apabila anda ingin mengetahui pengertian browser menurut beberapa ahli berikut adalah diantaranya :

1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.

2. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.

3. Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.

4. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.
Fungsi dari web browser (penjelajah web) ini adalah untuk menampilkan halaman web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.

pengertian browser
Ilustrasi web browser
Sekarang ini, banyak sekali pilihan untuk web browser yang bisa anda pergunakan untuk berselancar di internet, baik itu versi dekstop ataupun tablet dan smartphone. Berikut ini adalah beberapa web browser populer yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia, diantaranya Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.

Untuk setiap jenis web browser bisa memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing masing. Ini disebabkan perbedaan produsen atau perusahaan yang mengembangkan browser tersebut.

Berikut adalah beberapa web browser terbaik yang paling banyak dipakai di dunia pada saat ini :

1. Internet Explorer
IE adalah salah satu web browser tertua di dunia, di mana pangsa pasar untuk IE 8 adalah yang tertinggi untuk saat ini di mana berhasil merebut 23,54 persen pasar. Jumlah tersebut masih mengungguli rivalnya seperti Firefox dan Chrome yang terus melakukan update perbaikan kualitas dan fitur demi merebut pangsa pasar lebih besar. Akankah IE akan bisa bertahan dari gempuran para rivalnya? Silahkan anda cek sendiri dan rasakan perbedaan di antara browser-browser yang ada dan temukan yang terbaik bagi anda. Anda bisa mendapatkan versi terbaru dari IE di sini http://windows.microsoft.com/en-us/internet-explorer/download-ie

2. Google Chrome
Browser ini dikembangkan oleh sang raksasa mesin pencari, Google dan saat ini menjadi salah satu web browser populer karena banyaknya fitur yang tersedia serta kecepatannya dalam meloading halaman web.
Berikut ini adalah beberapa kelebihan browser Google Chrome yang menjadikannya menjadi favorit para netter :
- Tampilan sederhana dan simple
- Fitur make application shortcut memungkinkan untuk menjalankan aplikasi web seperti Gmail lewat shortcut pada desktop ataupun start menu
- Browser address yang berfungsi sekaligus sebagai search engine sehingga menjadikan browser ini menjadi lebih praktis dan istimewa
- Fitur Modus penyamaran memungkinkan pengguna untuk mengakses sebuah halaman website tanpa meninggalkan jejak
- Pengelolaan memori yang baik karena jika anda membuka banyak tab pada browser ini maka proses untuk masing-masing tab yang terpisah akan banyak membantu anda. Karena jika ada salah satu tab yang error/crash maka tab yang lainnya tidak akan terpengaruh.
- Chrome adalah web browser pertama yang menggabungkan terjemahan mesin pada browser, tanpa memerlukan plugin atau ekstensi tambahan.
- Dan masih banyak beberapa kelebihan lainnya
Anda bisa mendapatkan browser ini di alamat https://www.google.com/intl/en/chrome/browser/.

3. Opera
Opera juga memiliki banyak kelebihan yang menjadikannyafavorit, terutama di kalangan pengguna perangkat mobile, opera mini adalah primadona. Anda bisa mendapatkannya di alamat www.opera.com.

4. Mozilla firefox
Ini juga merupakan salah satu web browser populer yang banyak dipakai di Amerika, pengguna di Indonesia pun jumlahnya sangat besar menempati peringkat 6 pengguna firefox terbanyak di dunia. Anda bisa mendapatkannya di alamat www.mozilla.org.

5. Apple Safari
Browser yang tersemat pada gadget-gadget Apple seperti iPhone, iPad dan Mac ini bisa dibilang memiliki tampilan yang terkesan lebih elegan dan modern dibanding browser lainnya. Bagi pengguna Windows anda pun bisa menginstal browser ini di perangkat anda di sini http://support.apple.com/downloads/#safari

Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak banyak lagi baik itu mengenai pengertian web browser ataupun sejarah perkembangannya bisa juga dibaca di artikel ini lebih jelasnya, pengertian browser dan sejarah perkembangannya. Oke, semoga bermanfaat!